Berita

    Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah yang Nyaman dan Produktif

    Di era yang sudah maju seperti sekarang, bekerja tidak lagi harus di kantor, namun juga bisa di rumah. Dalam melakukan pekerjaan di rumah, ruang kerja menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman.

    Berikut tips membuat ruang kerja produktif yang bisa Anda coba.

    1. Pilih Lokasi yang Tepat

    Memilih lokasi yang tepat sangatlah penting agar Anda bisa fokus ketika bekerja. Usahakan ruang kerja terpisah dengan ruangan lain agar konsentrasi Anda tidak terganggu akibat aktivitas keluarga. Anda bisa memilih kamar atau garasi sebagai ruang kerja Anda. 

    Namun apabila Anda tidak memiliki banyak ruangan, Anda bisa ubah salah satu sudut rumah Anda menjadi ruang kerja. Pastikan Anda mendapat aliran listrik dengan baik. Agar Anda mendapat penerangan yang cukup Anda bisa memilih tempat yang dekat dengan jendela. 

            2. Pilih Cat Dinding dengan Warna Kesukaan Anda

    Warna cat dinding bisa mempengaruhi konsentrasi dan mood Anda ketika bekerja. Anda tidak harus memilih warna cat dinding seperti di kantor. Agar Anda lebih semangat ketika bekerja, Anda bisa memilih cat dinding sesuai dengan warna kesukaan Anda. 

    Warna yang terang seperti putih dapat Anda pilih karena akan memberikan kesan sejuk dan ringan. Apabila Anda menggunakan wallpaper, pilihlah aksen dengan pola yang sederhana agar tidak mengganggu konsentrasi Anda. 

            3. Tambahkan Tanaman Hias dan Bunga

    Untuk menambah suasana ruang kerja menjadi lebih sejuk dan tidak membosankan, Anda bisa menambahkan tanaman hijau atau bunga. Beberapa tanaman hias yang bisa Anda letakkan di ruangan Anda diantaranya yaitu monstera, anggrek, peace lily, lidah buaya dan kaktus kaktus.

    Selain bisa menjadi hiasan, tanaman hijau juga bermanfaat untuk membersihkan udara ruangan. 

            4. Pilih Kursi dan Meja Terbaik

    Selama bekerja Anda akan menghabiskan berjam-jam dengan duduk di kursi. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk memilih kursi dan meja dengan desain ergonomis seperti kursi putar. Kursi ergonomis didesain untuk kenyamanan dan menjaga postur tubuh Anda ketika duduk sehingga Anda tidak pegal setelah duduk lama. 

    Jika Anda berencana untuk bekerja secara lesehan, pastikan untuk memilih alas duduk yang empuk dan nyaman. Jangan lupa memilih ukuran meja yang sesuai dengan tinggi Anda.