Berita

    Wajib Tahu! 7 Cairan yang Dapat Merusak Cat Mobil

    Apakah Anda menyadari bahwa cairan yang merusak cat mobil sering ada di sekitar kita. Bahkan banyak juga yang menggunakannya untuk mencuci mobil dengan harapan agar tampilan terlihat bersih dan mengkilap. 

    Jika cat mobil sering terpapar cairan berbahaya, maka keindahannya akan berkurang dan berangsur-angsur terlihat kusam bahkan mengelupas. Jika ingin cat mobil tetap mengkilap sebaiknya jauhkan mobil Anda dari cairan-cairan berikut. 

    7 Cairan yang Merusak Cat Mobil 

    Ada banyak jenis cairan yang tidak boleh terkena permukaan mobil karena mengandung zat kimia yang bisa merusak lapisan cat. Berikut beberapa cairan yang harus Anda jauhkan dari permukaan bodi mobil. 

    • Cairan Anti Jamur

    Bahan yang terkandung di dalam cairan anti jamur bisa menimbulkan noda permanen yang sulit dibersihkan. Cairan anti jamur biasanya ada pada produk pembersih kaca mobil. 

    Agar cat di sekitar jendela tetap bagus sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan cairan ini saat membersihkan kaca mobil. 

    • Cairan Detergen

    Siapa yang masih menggunakan detergen untuk mencuci mobil? Jika dilakukan secara terus-menerus akan membuat lapisan pelindung cat rusak dan memudarkan warnanya. 

    Gunakan cairan pembersih khusus mobil agar hal tersebut tidak Anda alami.

    • Air Aki Mobil

    Cairan yang merusak cat mobil selanjutnya adalah air aki, cairan ini mengandung senyawa asam yang sangat tinggi. Sehingga mampu menyebabkan korosi pada permukaan cat mobil dan benda logam lainnya. 

    Saat mengisi ulang air aki sebaiknya lakukan dengan hati-hati agar tidak terkena tangan, mata, dan permukaan mobil. 

    • Pelumas Mesin

    Saat mengganti pelumas mesin (oli) sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak terkena permukaan cat mobil. Cairan ini bisa menimbulkan noda yang susah hilang dan merusak tampilan cat. 

    Jika belum paham dengan cara mengganti oli yang benar sebaiknya minta bantuan teknisi di bengkel resmi.

    • Minyak Rem

    Selain pelumas mesin, minyak rem ternyata juga bisa merusak permukaan cat mobil. Permukaan cat yang terkena minyak rem akan mengelupas dan berkarat karena mengalami korosi. 

    Jika terlanjur segera bersihkan dengan air lalu gosok secara perlahan dengan kain lap lembut.

    • Air Laut 

    Sebaiknya jangan terlalu sering membawa mobil ke tepi pantai karena air laut dapat menimbulkan korosi dan membuat cat mobil mengelupas. Jika sering terkena air laut sebaiknya cuci mobil tersebut secara rutin agar bersih dan terbebas dari korosi.

    cairan yang merusak mobilPexels.com

    Jika perlu lapisi permukaan mobil tersebut dengan wax atau sealant agar terlindung dari pengaruh buruk air laut. Bahan tersebut bisa Anda beli dengan mudah di toko-toko otomotif.

    • Cairan Telur Mentah

    Banyak orang tidak menyadari bahwa telur mentah bisa merusak permukaan cat mobil. Bahkan banyak orang yang merayakan mobil barunya dengan melempar telur. 

    Jika langsung dibersihkan cairan tersebut mungkin tidak meninggalkan noda permanen. 

    Tapi jika dibiarkan hingga mengering, noda tersebut akan sulit dibersihkan. Jika ingin permukaan cat tetap bersih dan awet sebaiknya hindarkan mobil Anda dari cairan telur mentah dan bahan kimia berbahaya lainnya. 

    Setelah membaca daftar cairan yang merusak cat mobil tadi, semoga Anda bisa menjaga cat mobil tetap dalam keadaan bagus. Jika cat mobil terlanjur rusak dan mengelupas sebaiknya segera lakukan pengecatan ulang.