Berita

    Simak Mengatasi Mobil Yang Terendam Banjir

    Alam terkadang memilih untuk mengejutkan Anda dengan berbagai pola cuaca. Banjir merusak banyak barang-barang elektronik atau yang bermesin, seperti mobil. Ketika mobil terendam banjir, beberapa fitur berubah secara drastis.

    Elektronik, pelumas, komponen mekanis, dan langkah-langkah keamanan seperti airbag semuanya dapat rusak oleh banjir. 

    Mobil Anda mungkin mengalami kerusakan akibat banjir, tetapi itu bukan berarti tidak akan berjalan. Setelah beberapa perbaikan, mobil masih akan beroperasi. 

    Namun, jika mobil dibiarkan terendam air terlalu lama atau teknisi Anda tidak berpengalaman dengan mobil yang kebanjiran, pada akhirnya akan berhenti digunakan. 

    Jika air masuk ke mobil Anda melewati dasbor, mesin dan komponen internal mobil lainnya akan rusak karena kerusakan air.

    Cara Mengatasi Mobil yang Terendam Banjir

    Meskipun mobil Anda mungkin tampak tak terhindarkan akan mengalami kerusakan akibat banjir, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindunginya.

    • Kelistrikan Kendaraan

    Sistem kelistrikan merupakan sistem yang paling penting untuk melindungi mobil jika terkena banjir. Anda harus menghentikan suplai arus ke komponen kelistrikan kendaraan untuk mencegah korsleting. Untuk menghentikan ini, lepas baterai negatif.

    • Sistem Starter

    Jika mesin mobil terendam banjir, jangan salahkan mesinnya; air dapat mencapai ruang pembakaran. Hal mencegah piston meremas air dan mungkin pecah di tempat yang seharusnya. 

    Anda perlu melakukan overhaul untuk memperbaiki piston yang rusak. Selain itu, mekanisme start akan berfungsi saat Anda mencoba menghidupkan mobil, berkat suplai arus baterai.

    Jika sistem masih mengandung air, hal ini berpotensi menyebabkan korsleting listrik.

    • Bahan Bakar dan Oli

    Jika mobil terendam banjir, bensin dan oli mungkin bercampur dengan air. Menguras reservoir minyak dan tangki bensin akan menjamin tidak ada air. 

    Ganti oli dan bahan bakar lama dengan persediaan baru. Campuran oli dan bensin mungkin menyulitkan Anda untuk menghidupkan mobil dan dapat menyebabkan tangki bensin menimbulkan korosi.

    • Indikator pada Gauge

    Periksa indikasi pada pengukur mobil Anda setelah kering dan bersih dari banjir. Pastikan lampu dalam kondisi mati. 

    Jika indikator menyala, mungkin ada masalah dengan sistem di mobil Anda. Untuk penanganan lebih lanjut, segera hubungi bengkel terdekat.

    • Komponen kelistrikan