Berita

    6 Tips Belajar Fotografi Mobil agar Hasil Jepret Estetik

    Mobil sering menjadi objek fotografi dengan target pasar penggemar otomotif. Bagi Anda penggemar otomotif yang ingin mulai mendalami fotografi tentang mobil, bisa menerapkan tips belajar fotografi mobil dalam artikel ini.

    Sebab, untuk menghasilkan jepretan mobil yang optimal, berkesan, dan memiliki nilai estetika, butuh beberapa teknik dan pengaturan khusus. Salah satu teknik yang fotografer profesional lakukan adalah penggunaan jenis kamera dengan tingkat megapiksel paling tinggi agar detail pada mobil terlihat eksplisit.

    Untuk tips fotografi mobil yang lebih jelas, mari simak berbagai tips yang bisa Anda ikuti di bawah ini.

    6 Tips Belajar Fotografi Mobil 

    Apabila Anda ingin menghasilkan foto mobil yang berkesan dan mirip dengan fotografer profesional, menerapkan tips-tips berikut akan membantu Anda selangkah lebih dekat menuju hal tersebut. 

    • Melakukan Sesi Foto di Waktu yang Tepat

    Anda sebaiknya menghindari mengambil foto pada siang hari, sebab sinarnya terlalu terang. Waktu yang tepat dan dirasa terbaik untuk foto mobil adalah sebelum matahari terbit serta setelah matahari terbenam. 

    Pada waktu tersebut, cahaya yang dihasilkan lembut karena tidak ada paparan sinar matahari secara langsung. Hasil potret mobil pun akan menonjolkan visual mobilnya.

    cek kondisi foto

    Freepik.com

    Anda bisa menggunakan tripod serta reflektor sebagai alat bantu. Tripod untuk potret jarak jauh, sedangkan reflektor bisa digunakan ketika memotret mobil dari jarak yang dekat.

    • Menggunakan Kamera yang Sesuai

    Kamera serta lensa jadi alat yang bisa Anda andalkan ketika melakukan fotografi mobil. Kamera DSLR atau pun mirrorless dengan lensa tambahan terpisah jadi modal menghasilkan gambar yang cukup berkualitas.

    Kamera dengan fitur full-frame atau sensor APS-C juga jadi opsi yang mendukung hasil jepretan optimal, sebab performa ISO kameranya juga maksimal.

    • Menyetel ISO Paling Rendah pada Kamera   

    Atur ISO level di kamera Anda ke tingkat paling rendah, sebagai cara agar bintik-bintik pada hasil foto bisa dikurangi. Tips belajar fotografi mobil satu ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas hasil jepretan fotografi Anda.

    • Ambil Sudut Pandang Wide dan Close-Up

    Anda tidak perlu memilih salah satunya, namun bisa memulai dengan mengambil kedua sudut pandang kamera tersebut ketika sesi foto dimulai. Sehingga, hasil foto yang Anda dapatkan pun variatif dan lebih jelas, terutama dari sudut pandang close-up yang menekankan visual dari komponen mobil tertentu.

    Sedangkan, sudut pandang kamera wide akan membuat visual mobil bisa dinikmati dari angle berbeda yang lebih dinamis.

    • Jaga Ketajaman Foreground dan Background Kamera

    Untuk memastikan seluruh hasil potret menghasilkan aspek foto yang sama ketajamannya, atur dan naikkan F-stop aperture kamera Anda. Tetapkan di antara level f/14 serta f/20, sehingga kamera menyesuaikan agar hasil potret tidak lebih gelap.

    • Potret Area Interior dan Eksterior Mobil

    Anda bisa menonjolkan fitur unggulan mobil yang unik pada area interior dengan mengambil gambar individu yang detail, seperti pada fitur cup holder mobil. Hindari sinar langsung, gunakan cahaya natural atau artificial.

    Lalu, untuk memotret area eksterior Anda perlu memastikan bahwa aspek mobil seperti gambar full body mobil, lalu close up, kemudian roda, mesin, hingga jendela.

    Itulah enam tips belajar fotografi mobil yang bisa Anda coba terapkan agar sesi foto berjalan efisien dan menghasilkan foto yang estetik. Pencahayaan jadi faktor yang sangat menentukan hasil jepretan mobil, sehingga penting untuk Anda pelajari lebih dalam lagi.