Berita

    6 Tips Menjaga Keselamatan Anak selama Mengemudi

    Ketika mengendarai mobil bersama sang buah hati, Anda sebagai orang tua sangat perlu untuk mengetahui berbagai tips keselamatan anak saat berkendara agar dia bisa mendapatkan keamanan dan kenyaman saat berada di dalam kendaraan tersebut.

    Dikarenakan hal ini pasti akan dialami oleh semua orang tua, hal ini jangan sampai dilupakan atau tidak dihiraukan karena alasan rumit dan lain-lain.

    Bersambung dari penjelasan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana tips atau caranya karena artikel ini akan memberikan semua penjelasannya.

    Tips Menjaga Keselamatan Anak saat Berkendara

    Saat menjadi orang tua, akan sangat banyak hal yang harus Anda pelajari dan ketahui tips-tipsnya salah satunya, tips keselamatan anak saat berkendara.

    Menjadi sesuatu hal yang sering terlupa hingga ditakutkan karena kerumitan dan tantangannya, berbagai tips tersebut telah ada di penjelasan berikut ini:

    • Pastikan Mobil dalam Kondisi Prima

    Saat Anda hendak berkendara dengan anak secara aman, pastikan bahwa mobil dalam kondisi yang prima.

    Mulai dari ban, bensin, kelistrikan, AC, dan berbagai bagian mobil lainnya yang sekiranya bisa diperiksa dengan baik.

    Hal ini sangat penting guna menghindari berbagai macam bahaya atau celaka yang dapat terjadi saat mobil dikendarai.

    Selain ini, penting juga untuk mengecek rute perjalanan yang akan Anda dan anak lalui, terutama kondisi jalanannya supaya keamanan semakin terjaga.

    • Gunakan Car Seat yang Sesuai dengan Anak Anda

    Ketika Anda mengendarai mobil dengan sang buah hati, menggunakan car seat sesuai dengan ukurannya adalah salah satu tips keselamatan anak saat berkendara yang penting, terutama saat usianya masih belia.

    Selain ukuran tubuh pastikan juga berat badan anak saat hendak menentukan car seat yang sesuai. Pilihlah car seat yang sistem pengikat atau sabuk pengamannya kokoh, namun tidak menimbulkan ketidaknyamanan untuk anak.

    • Bawa Perlengkapan yang Akan Diperlukan untuk Anak

    Bila berbicara tentang berkendara mobil dengan anak, pastikanlah Anda sudah menyiapkan segala perlengkapan yang akan diperlukan untuk anak sesuai kebutuhannya.

    Perlengkapan tersebut salah satunya adalah makanan, minuman, tisu basah atau tisu antiseptik, obat-obatan, dan pembersih tangan.

    Bawa Perlengkapan AnakPexels.com

    Selain semua perlengkapan yang bersifat kebutuhan, Anda juga perlu membawa berbagai perlengkapan yang bersifat hiburan untuk anak, yaitu mainan-mainan yang dimilikinya.

    Dalam tips keselamatan anak saat berkendara ini, pastikan mainan yang dibawa tidak sampai membuat mobil terlalu penuh dan sesak, sebab mereka justru bisa menimbulkan bahaya atau celaka yang kemungkinan tidak terkira. 

    • Berkendaralah dengan Tertib dan Disiplin

    Di samping pengecekan kondisi dan persiapan berbagai perlengkapan, hal pasti yang harus dilakukan supaya Anda dan anak aman dan nyaman saat berkendara dengan mobil adalah Anda berkendara dengan tertib dan disiplin.

    Jangan berkendara terlalu laju, ikuti rambu lalu lintas yang ada, serta berkendaralah dengan fokus!

    Lakukan itu semua dengan berpegang pada prinsip bahwa keselamatan saat berkendara adalah segalanya bagi Anda.

    • Istirahat yang Cukup

    Berbicara tentang fokus saat berkendara, maka hal yang penting untuk dilakukan sebelum berkendara adalah mendapat istirahat yang cukup, apalagi jika perjalanan yang dilalui memerlukan waktu yang lama dan jarak yang jauh.

    Dengan istirahat yang cukup, Anda akan segar dan berenergi sehingga fokus saat menyetir pun tidak mudah buyar.