Berita

    Cegah Anak Rewel Saat Mudik dengan Tips ini

    Melakukan perjalanan jauh bersama anak menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Sebab saat di perjalanan anak rentan merasa bosan dan berakhir rewel. Namun Anda tidak perlu khawatir ada beberapa tips agar anak tidak rewel waktu mudik.

    Sebelumnya ada beberapa hal yang bisa membuat anak rewel saat di perjalanan seperti karena bosan, lelah, atau merasa tidak nyaman. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengetahui solusi dan pencegahan anak rewel dengan baik.

    Inilah Cara dan Tips agar Anak Tidak Rewel Waktu Mudik

    Berikut beberapa cara mencegah anak rewel sewaktu modik:

    • Menyiapkan Kebutuhan Anak dengan Baik

    Pertana Anda perlu menyiapkan segala kebutuhan anak selama dalam perjalanan sehingga anak merasa nyaman dan tidak rewel. Beberapa kebutuhan yang perlu Anda siapkan diantaranya seperti tisu, makanan, susu, kantong plastik, dan sejenisya.

    • Pastikan Anak dalam Kondisi Sehat

    Anak yang merasa tidak nyaman atau sakit biasanya akan lebih rewel. Oleh karena itu, sebelum mudik pastikan jika anak dalam kondisi sehat. Namun jika ternyata anak Anda sakit maka Anda bisa mengganti hari keberangkatan.

    • Pastikan Anak Duduk dengan Nyaman

    Berikutnya sebelum bepergian pastikan anak duduk dengan posisi yang aman dan nyaman. Usahakan pula agar anak mengenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca. AC mobil juga perlu Anda atur supaya tidak kurang dingin atau terlalu dingin.

    Pastikan Anak Duduk dengan Nyaman saat MudikFreepik.com

    • Berikan Anak Mainan

    Jika hanya duduk saja sepanjang waktu di perjalanan, tentu anak Anda akan merasa bosan dan berakhir rewel. Oleh karena itu, Anda bisa menghibur anak dengan membawa mainan yang disukai seperti puzzle, kertas gambar, dan sebagainya.

    Meski ada banyak sekali game di ponsel, namun Anda tidak disarankan untuk membiarkan anak bermain ponsel secara terus menerus. Menatap layar dalam waktu lama juga akan membuat mata lelah dan anak akan berakhir bosan kembali.

    • Memilih Waktu Bepergian yang Tepat

    Mencegah anak rewel saat mudik juga bisa Anda lakukan dengan memilih waktu perjalanan yang tepat. Anda bisa berangkat mudik pada jam tidur anak baik tidur siang maupun tidur malam. 

    Jika Anda berangkat pada jam tidur maka anak akan lebih menghabiskan waktu di perjalanan dengan tidur daripada rewel. 

    • Putarkan Film dan Musik Kesukaan Anak

    Selain memberikan mainan kesukaan, Anda juga bisa menghibur anak selama di perjalanan dengan memutarkan film kesukaannya atau ajak anak untuk menyanyikan lagu kesukaannya bersama-sama.

    • Berikan Cemilan Kesukaan

    Saat melakukan perjalanan jarak jauh anak bisa rewel karena perut lapar atau merasa mual. Anda bisa memberikan anak Anda cemilan kesukaannya yang sehat dan bergizi. 

    Untuk mencegah makanan mengotori kabin, Anda bisa memberikan makanan yang tidak meninggallkan remahan. Contohnya yaitu adalaha buah-buahan. 

    • Ajak Anak Mengobrol

    Anda bisa mencegah anak bosan di mobil dengan cara memberikannya perhatian. Sesekali ajak anak Anda untuk mengobrol membahas sejarah kota yang dilewati atau pengalaman mudik Anda di masa lalu. Dengan begitu anak tidak akan bosan dan merasa sendirian.

    • Sesekali Istirahat di Rest Area

    Saat melakukan perjalanan jarak jauh tubuh anak bisa lelah meski sudah tertidur di mobil. Oleh karena itu, Anda bisa mengistirahatkan mobil dan keluarga dengan berhenti di rest area selama beberapa menit.