Berita

    Tips Memilih Sabun Cuci Mobil yang Tepat untuk Mobil

    Memilih sabun cuci mobil yang tepat sangat penting untuk menjaga penampilan dan kondisi mobil Anda. Sebab, mencuci mobil yang baik dan benar bukan cuma mengguyurnya dengan air atau menggunakan sabun sembarangan.

    Jenis sabun yang tepat dapat membuat mobil lebih awet dan tidak mudah termakan usia. Namun jika asal-asalan menggunakan jenis sabun cuci, bisa-bisa mobil Anda justru akan mudah rusak penampilannya.

    Lantas, bagaimana cara memilih sabun yang tepat untuk mencuci mobil? Berikut adalah beberapa tips memilih sabun cuci kendaraan yang sesuai!

    Sabun Cuci Mobil yang Baik untuk Kendaraaan

    Sabun mobil biasanya memiliki komposisi khusus yang efektif untuk membersihkan kendaraan. Jangan sampai Anda menggunakan deterjen rumah tangga atau sabun pencuci piring untuk mencuci mobil. 

    Pasalnya, hal itu dapat merusak lapisan pelindung cat dan meninggalkan residu yang tidak diinginkan. Sedangkan sabun mobil umumnya diformulasikan untuk mengangkat kotoran dan debu tanpa merusak lapisan pelindung cat. 

    Maka dari itu, sabun atau shampo cuci yang baik harus memiliki mengandung komposisi berikut ini:

    • Memiliki pH yang Seimbang

    Anda perlu memastikan sabun mobil memiliki pH yang seimbang. Sabun dengan kadar keasaman yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat merusak cat dan melapisinya dengan residu atau korosi yang sulit dihilangkan. 

    Dalam tips memilih sabun cuci mobil ini, pahami bahwa pH sabun yang ideal adalah 7 atau pH netral. Sabun dengan pH netral tidak akan merusak cat mobil.

    • Mempunyai Kandungan Kimia yang Aman

    Selain pH, perhatikan juga kandungan yang terdapat dalam sabun pencuci mobil. Sabun pencuci mobil yang baik mengandung brightening agent yang dapat membuat cat mobil terlihat lebih mengkilap.

    Sabun mobil juga sebaiknya tidak mengandung silikon dan deterjen. Silicone dapat membuat cat mobil cepat memudar dan mudah kusam, sedangkan deterjen dapat merusak cat dan menghilangkan wax yang ada pada cat mobil.

    Beberapa sabun untuk memandikan mobil dilengkapi dengan formula tambahan seperti lilin atau polimer. Ini dapat memberikan lapisan pelindung tambahan pada cat mobil, membuatnya lebih tahan terhadap noda dan memudahkan proses pembersihan berikutnya.

    • Memiliki Aroma yang Wangi

    Meskipun hal ini mungkin tidak terlalu penting untuk performa pembersihan, tetapi aroma wangi yang disukai dapat membuat pengalaman mencuci mobil lebih menyenangkan. 

    Setelah dicuci, mobil tak hanya mengkilap tetapi juga akan harum aromanya. Beberapa sabun pencuci mobil memiliki berbagai pilihan aroma.

     

    Sabun cuci mobil

    Pexels.com

    • Mudah Dibilas

    Pilihlah sabun pencuci mobil yang mudah dibilas. Dalam hal ini, sabun harus memiliki tingkat kelicinan yang baik supaya kotoran yang menempel bisa terangkat dan meminimalisir goresan.

    Residu yang sulit dihilangkan dapat meninggalkan noda atau meninggalkan lapisan film yang tidak diinginkan pada bodi mobil. 

    Di samping itu semua, Anda harus selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan. Ini akan memberikan panduan yang tepat mengenai cara menggunakan sabun cuci mobil tersebut.

    Kesimpulannya, menggunakan sabun pembersih mobil yang salah akan membuat cat di bodi mobil terlihat kusam atau bahkan mengelupas. Padahal, tujuan mencuci mobil menggunakan sabun adalah agar kendaraan dapat awet serta terlihat mulus dan mengkilap.