Berita

    Tips Aman! Cara Berkendara saat Terik Matahari

    Mobil merupakan kendaraan yang sering dipakai saat Matahari sedang bersinar terik. Bagaimanapun juga, terkadang pengemudi tetap mengalami masalah seperti silau. Oleh sebab itu, tips berkendara saat terik matahari perlu diketahui.

    Ada beberapa tips yang bisa digunakan, seperti penggunaan sun visor, kaca film, dan lain sebagainya. Berikut ulasan selengkapnya!

    Tips Berkendara saat Terik Matahari

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada beberapa tips yang bisa digunakan oleh pengemudi agar berkendara dengan lebih nyaman meskipun matahari sedang bersinar dengan terik. Berikut beberapa di antaranya:

    • Menggunakan Sun Visor

    Sun visor merupakan pelindung yang terletak di depan. Biasanya alat ini dapat digunakan oleh pengemudi maupun penumpang yang berada di sebelahnya. Fungsinya adalah agar tidak silau saat berkendara.

    Penggunaan sun visor ini cukup mudah, yakni diturunkan dari bagian atap depan mobil saat berkendara ke arah Matahari dan sinarnya membuat silau. Dengan demikian, sun visor akan menghalangi sinar Matahari ke mata.

    Namun saat menurunkan sun visor ini, usahakan untuk memegang bagian tengahnya. Jika sun visor dipegang bagian ujungnya saja, maka dikhawatirkan akan membuat benda tersebut patah. Begitu pula saat menaikkannya.

    Sun visor tak hanya berfungsi untuk menghalangi sinar Matahari saja, namun juga bisa sebagai tempat penyimpanan maupun bercermin. Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan membawanya ke bengkel.

    • Menggunakan Kaca Film

    Tips berkendara saat terik matahari selanjutnya adalah menggunakan kaca film. Biasanya, benda ini ditempel di bagian dalam kaca mobil. Fungsinya agar intensitas sinar Matahari berkurang saat masuk ke kabin mobil.

    Ada berbagai jenis kaca film yang biasa beredar di pasaran. Jadi, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Anda juga bisa meminta bantuan profesional untuk memasangnya agar terlihat rapi.

    • Menggunakan Kacamata Hitam

    Anda juga bisa menggunakan kacamata hitam saat mengemudi sebagai perlindungan tambahan dari sinar Matahari. Kacamata ini bisa Anda letakkan di mobil agar tidak terlupakan.

    tips mengemudi aman saat matahari terikFreepiki.com

    • Membuka Kaca

    Jika Anda baru saja meninggalkan mobil di luar ruangan dalam cuaca yang panas, maka Anda perlu membuka kaca terlebih dahulu. Dengan demikian, udara panas di dalam mobil bisa keluar.

    Jangan langsung menyalakan AC saat baru memasuki mobil. Hal ini disebabkan dapat membuat kerja mesin menjadi lebih berat. Sistem pendingin mobil pun bisa lebih cepat rusak. Belum lagi kesehatan yang bisa terganggu.

    • Gunakan Sarung Mobil

    Tips berkendara saat terik matahari selanjutnya adalah menggunakan sarung mobil. Sarung mobil tak hanya bisa melindungi kendaraan dari kotoran saja, namun juga panas akibat sinar Matahari. 

    Namun pastikan bahwa sarung mobil yang digunakan berbahan lembut dan tidak merusak body mobil. Selain itu, pastikan juga agar ukurannya sesuai dengan mobil itu sendiri.

    • Jangan Diparkir di Tempat yang Terpapar Sinar Matahari

    Jangan memarkir mobil di tempat yang langsung terkena sinar Matahari. Selain membuat mobil semakin panas, hal ini juga bisa merusak lapisan cat. 

    Oleh sebab itu, Anda perlu mencari tempat yang teduh seperti di bawah pohon. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa menemukan tempat parkir yang tertutup atap.