Berita

    Ketahui Fungsi Water Repellent Pada Mobil Saat Musim Hujan

    Water repellent menjadi salah satu benda  berbentuk cairan  yang wajib dimiliki. Cairan ini dapat membantu Anda untuk melihat perjalanan ketika mengemudi terutama pada musim hujan. Anda dapat melihat lebih jelas mengenai fungsi cairan ini pada penjelasan berikut.

    Fungsi Water Repellent

    Bagi pengemudi mobil, hujan bisa menjadi hal yang mengganggu karena air yang diturunkan dapat menghalangi pandangan. Wiper saja kadang tidak cukup untuk membersihkan kaca. Karenanya, dibutuhkan sebuah cairan yang dapat menghalau air hujan dari permukaan kaca.

    Anda mungkin pernah menemukan air yang sulit menempel di daun talas. Air hujan biasanya akan langsung terjatuh dari permukaan daun talas. Ternyata, fenomena tersebut menjadi dasar dibuatnya cairan yang ditujukan untuk menghilangkan air hujan di kaca mobil.

    Air hujan dapat menyulitkan pengemudi saat berkendara karena dapat menutupi kaca mobil. Cairan ini nantinya akan mencegah air menempel. Fungsi water repellent diperuntukkan pada kaca seluruh jenis mobil.

    Setelah water repellent disemprotkan, air enggan singgah di kaca mobil. Hal ini dikarenakan cairan akan memberikan efek licin pada permukaan kaca. Penggunaan wiper juga menjadi lebih maksimal karena dibantu oleh cairan ini.

    Spion adalah komponen penting dari mobil sehingga keberadaanya harus sangat diperhatikan dan dirawat. Salah satu cara perawatannya ialah dengan menyemprotkan cairan ini. Karenanya, air tidak akan menutupi spion lagi ketika hujan sehingga perjalanan terasa aman dan nyaman.

    Cairan ini juga dapat dijadikan alternatif untuk memperoleh kaca mobil yang tampak berkilap karena efek pembersihan yang diberikan. Kuman dan jamur juga dapat diberantas dengan menyemprotkan cairan ini.

    Ada banyak jenis water repellent yang bisa digunakan. Contohnya adalah glass science, Carlack 88 dan Glico. Anda bisa mendapatkannya di toko dengan harga yang beragam.

    Anda harus berhati-hati dalam penggunaannya. Pasalnya, merek produk cairan yang biasanya digunakan untuk menyemprot kaca ini tidak ramah untuk bagian mobil yang terbuat dari plastik. Karena hal tersebut, Anda dapat melakukan cara di bawah ini.

    Cara Menggunakan Water Repellent

    Dalam penggunaannya, cairan ini tidak memerlukan cara tertentu dan dapat dibilang mudah. Karena hal tersebut, tidak ada salahnya Anda harus selalu menyiapkan cairan ini demi meningkatkan keamanan.

    • Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan mobil dalam keadaan bersih. Anda harus mencuci mobil Anda sampai tidak ada satupun kotoran yang menempel. Setelah itu, keringkan mobil dan pastikan sisa sabun telah lenyap.
      Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa mobil harus dicuci terlebih dahulu. Jawabannya adalah untuk memaksimalkan fungsi dari cairan ini. Cairan ini nantinya dapat dengan sempurna menempel pada mobil yang telah dicuci.
    • Setelah dicuci sebaiknya Anda menyiapkan beberapa hal seperti cairan yang akan digunakan dan dua lap microfiber. Anda diharuskan untuk menyiapkan dua lap karena akan ada dua tahap pembersihan.
    • Setelah Anda menyiapkan materialnya, pertama-tama semprotkanlah cairan ke bagian body mobil terutama pada bagian kaca. Kain lap microfiber pertama digunakan untuk meratakan cairan dan setelahnya diamkan beberapa menit.
    • Mobil yang telah disemprot dan didiamkan selanjutnya diusap dengan menggunakan kain lap microfiber yang kedua. Akhirnya, mobil siap dipakai dengan nyaman dan aman tanpa perlu takut hujan datang.