Berita

    Simak Tips Aman Parkir Mobil Agar Kaca Mobil Tidak Pecah

    Jarang sekali kaca mobil tidak pecah saat terjadinya aksi pembobolan dan pencurian barang-barang yang ada di dalamnya. Para pelaku pencurian tidak hanya mengejar mobil yang diam terparkir dan ditinggal pemiliknya. 

    Namun, sering juga terjadi pada mobil yang hanya berhenti meski ada pemiliknya. Beberapa situasi dan tempat memang menjadi kesempatan bagi para pelaku kejahatan. Mereka biasanya memanfaatkan barang yang tajam seperti ujung pada elektroda busi. 

    Alat ini digunakan untuk membuat kaca retak dengan mudah tanpa suara yang terlalu besar. Dengan begitu, barang-barang di dalam mobil yang menjadi incaran para pelaku dengan mudahnya diambil meski hanya lewat kaca. 

    Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan keamanan mobil salah satunya bagian kaca mobil. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan pada penjelasan berikut ini.

    5 Tips Aman Agar Kaca Mobil Tidak Pecah

    Jangan sepelekan aspek keamanan mobil agar tidak menimbulkan kesempatan bagi para pelaku pencurian, selain itu juga dampak kerugian dari ketidakamanan.

            1. Simpan Barang Berharga

    Cara paling pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah aksi pencurian adalah menyimpan barang-barang berharga. Barang-barang yang penting untuk disimpan tertutup diantaranya alat elektronik seperti handphone, laptop, tablet, kamera, dan lain sebagainya. 

    Dokumen-dokumen penting yang ada di dalam mobil juga harus disimpan dengan baik. Gunakan kompartemen tertutup seperti laci kecil pada dashboard mobil atau glove box. 

    Bagi pemilik mobil SUV atau hatchback, Anda bisa memanfaatkan tray penutup yang terdapat di bagasi mobil Anda. Barang-barang yang terlihat mencolok dari luar akan mengundang para pelaku pencurian melakukan aksinya. 

    Jika tidak memiliki kompartemen tertutup, Anda bisa menyimpan barang-barang Anda di bawah jok mobil. Selain itu, Anda juga bisa menutupi barang-barang dengan sesuatu yang gelap seperti kain berwarna gelap.

            2. Parkir di Tempat yang Aman

    Periksa terlebih dahulu area parkir untuk memarkirkan mobil Anda. Pastikan tempat tersebut ramai dan mudah dipantau oleh Anda. Jika tidak mendesak, hindari gunakan area parkir yang jauh dari keramaian atau sepi, terlalu gelap saat malam hari.

            3. Hindari Tutup Kaca Secara Penuh

    Sebagian orang berpikir menutup kaca secara penuh adalah hal yang benar dan pasti aman dari tindak kejahatan. Memang tidak salah, namun disarankan untuk menyisakan kaca mobil terbuka sekitar 1 cm.