Berita

    Ini Kerusakan yang Biasa Terjadi pada Pintu Mobil

    Sepanjang hari Anda membuka atau menutupnya sehingga tidak menyadari bila pintu mobil rusak. Bahkan, bagi sebagian orang akan panik dan tidak tahu harus berbuat apa untuk memperbaikinya. 

    Untungnya, kerusakan pada pintu bisa diperbaiki dengan mudah. Bahkan, Anda dapat mengatasinya sendiri. 

    Waspadai Tanda Pintu Mobil Rusak

    Namun, sebelum itu, Anda perlu memperhatikan dulu tanda-tanda yang muncul saat pintu mobil mulai mengalami masalah. Di antaranya: 

    • Sensor yang Terus Menyala

    Dashboard akan memberi peringatan saat pintu mobil tidak tertutup rapat. Namun, setelah Anda mengecek dan menutupnya dengan benar, sensor masih memberikan tanda peringatan yang sama. 

    Seringkali, hal tersebut dikarenakan adanya kesalahan pada sensor pintu dalam mengirimkan sinyal peringatan ke bagian komputer mesin. 

    Cara untuk memperbaikinya, Anda dapat membersihkan bagian kait pintu atau mengganti sensor yang sudah mulai aus. 

    • Pintu Mobil yang Tidak Mau Terbuka

    Kondisi power door-lock pada kendaraan masih berfungsi normal. Namun, pintu mobil enggan terbuka, tidak peduli sekuat apa Anda menariknya. 

    Hal tersebut bisa terjadi ketika bagian tugas kunci pintu mobil bergeser ke arah terkunci, sehingga susah untuk dibuka. Penyebabnya, bisa karena kotoran atau kekurangan pelumas. 

    Cara mengatasinya, oleskan pelumas dan pengecekan secara berkala ke bagian tuas. Bila ada kerusakan lebih lanjut, Anda dapat mengganti komponen yang mulai aus. 

    • Ada Masalah pada Kaca

    Pintu mobil rusak bisa disebabkan karena adanya kerusakan di kaca jendela, seperti kaca pecah. 

    Pecahan kaca tersebut harus dikeluarkan dari pintu agar tidak meninggalkan masalah di kemudian hari. Kemudian, Anda juga perlu mengganti panel interior dan kaca dengan yang baru. 

    Ketika pelepasan atau pemasangan, lakukan dengan hati-hati agar tidak meninggalkan pecahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada pintu. 

    • Adanya Kerutan pada Panel Logam

    Kecelakaan gesekan pada pintu mobil rusak dapat disebabkan karena adanya kerutan atau lipatan pada bagian panel logam. Kerusakan ini akan sulit untuk diperbaiki secara mandiri. 

    Anda perlu membawa ke bengkel untuk dilakukan perbaikan pada panel logam. Secara umum, teknisi akan menghaluskan bagian kerutan tersebut dengan dempul kemudian melakukan pengecekan ulang. 

    Namun, seringnya panel logam pada pintu harus diganti agar pintu dapat berfungsi normal kembali. 

    • Perangkat Keamanan

    Setiap mobil memiliki perangkat keamanan yang tersambung dengan panel pintu mobil, salah satunya airbag

    Namun, setelah kecelakaan, perangkat tersebut mengalami kerusakan yang berdampak ke bagian pintu juga. Maka, lakukan pengecekan ke bengkel resmi dan bila perlu pasang perangkat keamanan yang baru untuk keselamatan penumpang.

    • Engsel yang Rusak

    Seringkali kerusakan pintu mobil terjadi pada bagian engselnya yang sudah mulai bengkok. Akibatnya, posisi pintu tidak lagi sejajar.

    masalah pada engsel pintu mobil Freepik.com

    Cara perbaikannya, bisa dengan mengganti bingkai atau meluruskannya. Bila kerusakan engsel sudah parah, Anda perlu mengganti dengan yang baru. 

    Itulah tanda-tanda dari pintu mobil rusak yang seringkali Anda temui. Waspadai sekecil apa pun tandanya dan segera lakukan perbaikan. Sebab, bila dibiarkan, nantinya kerusakan akan semakin parah dan memerlukan dana yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. 

    Jadi, jangan sampai Anda menunggu sampai pintu benar-benar rusak baru membawanya ke bengkel. Pastikan untuk melakukan perawatan sebelum terlambat.