Berita

    Panduan Mengemudi Aman: Tips Dasar untuk Pengemudi Pemula

    Bagi pengemudi pemula, mungkin saja ada berbagai hal yang dikhawatirkan ketika sedang berkendara. Untuk mengurangi kekhawatiran tersebut, dapat dilakukan dengan berbagai pembiasaan dalam mengemudi.

    Ada berbagai hal yang sebaiknya diperhatikan dan dilakukan ketika sedang mengemudi. Temukan penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel ini dan pastikan keamanan dan keselamatan berkendara tetap terjaga!

    Tips Aman untuk Pengemudi Pemula

    Ada beberapa tips mengemudi yang aman bagi pemula. Apa saja itu? Berikut adalah poin-poin dan penjelasannya:

    • Pastikan Mengenal Komponen dan Fitur Mobil

    Jika Anda masih pemula dalam mengemudi, maka hal yang penting untuk dipelajari dan dipahami adalah berbagai komponen penting dan fitur mobil, terlebih yang berhubungan dengan fungsi kemudi.

    Ketahui waktu yang tepat untuk menggunakan gigi tertentu, sehingga dapat berkendara dengan lebih aman. Pahami juga macam-macam fitur keamanan yang penting, misalnya berbagai jenis dan fungsi lampu mobil!

    • Atur Posisi Duduk yang Nyaman

    Hal kedua yang perlu diperhatikan yaitu posisi duduk ketika mengemudikan mobil. Pastikan Anda berada dalam posisi yang nyaman serta dapat menjangkau berbagai fitur kemudi.

    Carilah posisi yang nyaman untuk dapat melihat kondisi di sekitar kendaraan, sehingga dapat mempermudah kemudi.

    Posisikan juga posisi kaki sudah nyaman untuk mengontrol pedal kopling, rem, serta gas. Lalu, duduk dengan tegak, sebaiknya tidak membungkuk ke depan karena kurang stabil untuk mengatur kemudi.

    iStock
    • Atur Kaca Spion

    Selanjutnya, mengatur kaca spion juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan sebelum mengendara. Dengan pengaturan yang baik, maka Anda dapat melihat kondisi jalanan di sekitar.

    • Peganglah Setir Kemudi dengan Tepat

    Bagi pengemudi pemula, mungkin saja masih belum terlalu biasa dalam memegang setir atau roda kemudi.

    Hal ini sebaiknya lebih diperhatikan, pastikan Anda telah memegang posisi setir dengan tepat dan nyaman, sehingga mudah untuk mengatur kemudi mobil.

    • Hindari Kecepatan Terlalu Tinggi

    Kecepatan yang terlalu tinggi tidak disarankan untuk pengemudi yang masih pemula, karena dapat menimbulkan berbagai risiko keselamatan.