Berita

    Ketahui Cara Perawatan pada Ban Serep Mobil.

    Merawat ban serep mobil sangat perlu dilakukan karena ban serep adalah komponen cadangan yang memiliki fungsi krusial untuk mobil. 

    Namun, walaupun krusial atau penting keberadaannya, ban serep sering dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan pengecekkan secara berkala. Hal ini bisa membuat ban tidak bisa digunakan ketika Anda membutuhkannya karena rusak.

    Tidak ingin ban serep mobil Anda rusak? Nah, berikut ini akan dijelaskan perawatan ban serep yang dapat Anda lakukan. Jangan sampai ban tidak bisa digunakan saat Anda dalam keadaan darurat seperti ban mobil yang bocor di tengah jalan.

    Cara Mudah Merawat Ban Serep Mobil

    Untuk melakukan perawatan ban serep mobil, Anda cukup menerapkan langkah-langkah mudah! Di bawah ini merupakan poin-poin dan penjelasannya:

    • Memeriksa Tekanan Angin di Dalam Ban

    Angin dalam ban dapat keluar melalui pori-pori. Hal tersebut dapat menyebabkan ban gembos saat akan digunakan. 

    Untuk itu, pengecekkan tekanan angin harus dilakukan agar ban selalu dalam kondisi siap digunakan. Namun, jangan sampai tekanan angin dalam ban berlebihan.

    Tekanan yang terlalu tinggi bisa membuat ban serep Anda meledak. Pastikan tekanan dalam kondisi yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Anda juga bisa memeriksa tekanan ban dalam jangka waktu sebulan sekali.

    • Perhatikan Tempat Menyimpan Ban Serep

    Beberapa orang memiliki cara tersendiri dalam menyimpan ban serep. Ban serep biasa disimpan di belakang mobil ataupun di bawah kolong. Tempat penyimpanan ban lebih baik dilakukan di belakang mobil agar terhindar dari kotoran dan lumpur.

    • Pasangkan Pelindung pada Ban Serep

    Langkah selanjutnya untuk merawat ban serep mobil yaitu memasangkan cover pada ban. Pelindung atau cover sangat ban sangat bermanfaat untuk melindungi dari terik sinar matahari. 

    Selain itu, ban tidak akan terkena lumpur sepenuhnya saat Anda menyimpan di kolong mobil karena terdapat cover yang melindungi. Pastikan cover ban serep selalu dipakai ketika bepergian.

    • Aplikasikan Semir pada Ban

    Semir dapat menghadirkan tampilan seperti baru pada ban. Selain itu, semir juga bermanfaat untuk menjaga kondisi ban tetap baik. Semir dapat meningkatkan keelastisan ban sehingga tidak mudah bocor atau Meletus di jalan beraspal. 

    Terdapat beberapa jenis semir ban, dari cair hingga berbentuk spray. Aplikasikan semir yang Anda pilih pada ban agar kondisinya tetap terjaga.

    • Ganti Ban Jika Sudah Terlalu Lama Tidak Digunakan