Berita

    Jangan Abai! Tanda-Tanda Mobil Anda Harus Segera Diservis

    Tanda mobil harus diservis bisa bermacam-macam. Namun pada intinya, ciri mobil yang memerlukan servis biasanya ditandai oleh kualitas performanya. Jadi, jika mobil memiliki performa yang buruk, Anda harus segera melakukan tindakan.

    Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk selalu melakukan perawatan dan menjalankan servis secara rutin sehingga performa mobil dapat terus terjaga. Anda dapat melakukan hal ini ke bengkel terdekat.

    Untuk itu, artikel ini akan mencoba membahas tentang macam-macam tanda yang biasanya ditunjukkan ketika sebuah mobil harus buru-buru menjalankan servis. Penjelasan lengkapnya akan dibahas pada poin begian berikut!

    Tanda Mobil Harus Diservis

    Ada beberapa hal yang umumnya menjadi pertanda kalau mobil mengalami masalah dan harus segera diservis. 

    Apabila kendaraan Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda berikut, maka Anda perlu waspada dan mulai memeriksakan kondisi mobil Anda ke bengkel sebelum kondisinya jadi lebih parah.

    Pexels.com

    Beberapa tanda yang menunjukkan mobil Anda harus segera diservis antara lain, yaitu sebagai berikut:

    • Mesin Mobil yang Susah Dinyalakan

    Mesin mobil yang susah dinyalakan bisa menjadi salah satu pertanda bahwa mobil Anda butuh cepat-cepat diservis. Gejala ini sering terjadi pada waktu pagi saat baru pertama kali dinyalakan atau bisa juga terjadi ketika mesin sudah dalam kondisi yang panas.

    Umumnya, masalah mesin mobil yang sulit dihidupkan ini disebabkan karena tegangan arus listrik pada aki yang kurang atau habis.

    Bisa juga lantaran saringan udara pada mobil tersumbat oleh banyaknya kotoran. Kalau ini terjadi, Anda butuh segera mengunjungi bengkel terdekat.

    • Terdengarnya Suara Mendesis dari Mesin

    Mobil butuh diservis apabila Anda mulai mendengar mesin mengeluarkan suara seperti mendesis. Suara-suara aneh yang dikeluarkan oleh mesin ini biasanya disebabkan oleh mesin yang terlalu panas atau terdapatnya kebocoran pada selang vacuum. 

    • Terdapatnya Masalah pada AC

    Hal lain yang menunjukkan menjadi tanda mobil harus diservis, yaitu terdapatnya masalah pada AC mobil. Biasanya gejala ini dicirikan dengan AC yang tidak terasa dingin saat dinyalakan seperti biasanya.

    Tidak sebatas itu saja, terjadinya masalah pada AC mobil juga dapat ditandai dengan menguarnya aroma tidak sedap dari mesin pendingin tersebut.