Berita

    Ketahui Hal yang Dilakukan ketika Mobil Mogok di Jalan Tol

    Berkendara di jalan tol memang terasa lebih nyaman dan hemat waktu. Namun ada satu tantangan tersendiri yang harus dihadapi yaitu ketika mobil tiba-tiba mogok. Mobil mogok di jalan tol memang tidak menyenangkan, apalagi jika Anda melakukan perjalanan jarak jauh dengan anggota keluarga. Mari cari tahu apa yang harus dilakukan saat situasi ini terjadi!

    Solusi Mobil Mogok di Jalan Tol

    Hal pertama yang harus dilakukan saat mobil mogok adalah tetap tenang. Sebagian besar orang memang akan panik saat mengalami mobil mogok di tengah jalan tol. Jika panik, akan semakin sulit untuk menemukan solusi terbaik. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan saat mengalami situasi tersebut:

    • Bawa Mobil Menepi

    Saat mulai terasa ada kendala pada mobil, segeralah menepi. Ini sangat penting untuk dilakukan demi alasan keamanan dan agar mobil Anda tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Jika memang memungkinkan segera bawa mobil ke bagian tepi jalan. Jangan lupa, nyalakan lampu hazard sebagai tanda. 

    • Pasang Pengaman

    Lampu hazard digunakan sebagai tanda atau peringatan kepada pengendara lainnya. Namun banyak juga yang mengabaikan keberadaan lampu hazard ini. Demi memberikan keamanan ganda, cobalah untuk memasang pengaman. Sangat disarankan untuk membawa segitiga pengaman yang biasa dijadikan tanda saat ada mobil mogok atau kejadian lainnya di tengah jalan. 

    Bagaimana jika tidak ada pengaman? Gunakan benda lain sebagai penanda. Pastikan benda tersebut berwarna terang sehingga bisa dilihat oleh pengguna jalan lainnya. Letakkan penanda ini kurang lebih 5 sampai 10 meter sebelum posisi mobil agar pengguna jalan bisa bersiap-siap. 

    • Keluar dari Mobil

    Saat mobil mogok di jalan tol, jangan pernah berdiam di dalam mobil. Jalan tol memiliki tingkat risiko kecelakaan yang begitu tinggi. Orang-orang biasa melaju di sana dengan kecepatan tinggi. Meskipun sudah menyalakan lampu hazard dan memasang penanda, bisa saja ada mobil lain yang menabrak mobil Anda dari belakang. 

    • Cek Kerusakan

    Cobalah untuk mengecek kerusakan apa yang terjadi pada mobil. Jauh lebih baik jika kerusakannya ringan dan bisa diperbaiki sendiri. Namun jika tak bisa mencari solusi atau memperbaiki sendiri maka jangan memaksa. Jangan sampai tindakan sok tahu Anda malah membuat mobil tambah rusak.

    • Hubungi Bantuan