Berita

    Ini Arti Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matic

    Saat ini, mobil matic semakin populer dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, karena dianggap sebagai mobil yang mudah dipakai dan lebih hemat tenaga. Namun, jika akan menggunakannya, maka pahami dulu angka dan huruf pada persneling mobil.

    Dengan memahami arti dan fungsinya, maka Anda bisa menggunakannya dengan tepat. Jangan lewatkan pembahasan berikut supaya Anda bisa lebih memahami fungsi persneling mobil matic!

    Arti Angka dan Huruf pada Persneling Mobil

    Mobil matic memang dinilai lebih sederhana serta tidak perlu menguras tenaga dalam penggunaannya. Inilah alasan penggunanya semakin meningkat dan jenis mobilnya pun semakin bervariasi.

    Untuk dapat mengendarai mobil matic, maka tentunya Anda perlu memahami penggunaan dari persnelingnya. Berikut adalah penjelasannya:

    • Huruf P

    Pertama, ada huruf P yang memiliki arti Parking atau parkir. Huruf pada persneling mobil ini merupakan kode untuk mengaktifkan mode parkir. Jika akan memarkirkan mobil, maka Anda dapat memakai mode tersebut.

    Dengan begitu, maka mobil akan terkunci secara otomatis. Gigi-giginya juga akan terkunci dan mobil tidak bisa berjalan.

    • Huruf R

    Kedua, ada huruf R yang berarti Reverse. Fungsinya yaitu untuk memundurkan mobil, sehingga Anda hanya perlu mengarahkan tuas persneling ke mode R jika ingin mundur.

    • Huruf N

    Huruf N berarti Neutral atau Netral, fungsinya untuk menetralkan mobil Anda. Jika berada dalam posisi N, maka Anda akan memutuskan putaran mesin mobil yang dihubungkan ke roda.

    Namun, fungsi huruf pada persneling mobil ini berbeda dengan P. Jika berada di posisi N, maka mobil tidak berada dalam kondisi terkunci. Jika Anda akan mendorong mobil yang berada dalam kondisi mogok, maka mode N ini dapat dimanfaatkan.

    • Huruf D

    Selanjutnya, ada huruf D yang memiliki arti Drive, fungsinya untuk menjalankan mobil. Umumnya, jika memakai mobil matic, maka pengemudi akan menggerakkan tuas persneling ke posisi D ketika akan melaju.

    Di posisi huruf pada persneling ini, terdapat angka 1 sampai 3 yang dapat digunakan untuk mengatur perpindahan gigi secara otomatis.

    • Angka 1

    Jika berada pada posisi gigi 1, maka mobil akan melaju dengan kecepatan yang tidak terlalu kencang. Biasanya, dapat digunakan untuk melintasi lintasan turunan, curam, licin, dan sejenisnya.

    • Angka 2

    Selanjutnya, angka 2 umumnya dipakai untuk mengatur mobil dalam kecepatan standar atau tengah.

    • Angka 3

    Lalu, ada angka 3 yang dapat membuat mobil melaju dalam kecepatan yang lebih tinggi.

    • Huruf L

    Kode L merupakan singkatan dari Low atau yang berarti rendah. Fungsi dari huruf pada persneling ini yaitu untuk menurunkan kecepatan pada mobil Anda.

    Kecepatan yang semula berada dalam posisi gigi 3, dapat berkurang menjadi posisi 2 atau 1 ketika melintasi jalan tanjakan atau turunan.

    • Huruf M

    Huruf M berarti Manual, dapat berfungsi untuk menjalankan mobil, sama seperti kode D. Namun, kode ini hanya dimiliki oleh jenis tertentu, tidak terdapat pada semua mobil matic.

    • Huruf S

    Selanjutnya, ada huruf S yang berarti Sport. Ini dapat berfungsi untuk menambahkan kecepatan pada mobil, sehingga nantinya berada di kecepatan tertinggi.

    Cukup dengan menekan tombol S yang tersedia, maka Anda bisa secara otomatis berada di dalam mode Sport ini. Maka dari itu, ini terbilang cocok untuk melakukan test drive di area jalanan bebas atau jalan tol.

    Namun, mode S ini biasanya tidak dimiliki oleh setiap jenis mobil matic, melainkan hanya pada mobil mewah saja.

    Itulah berbagai penjelasan tentang arti dan fungsi dari kode huruf dan angka yang terdapat pada persneling mobil matic. Hal ini tentunya perlu diketahui dan digunakan dengan baik oleh setiap pengemudi mobil matic.