Berita

    Featured Image

    Cara Merawat Bagian Bawah Kolong Mobil di Rumah

    Kolong mobil sering disepelekan karena tak terlihat dari luar. Padahal jika tidak dijaga, bagian bawah tersebut akan mengalami kerusakan dan pengkaratan yang merugikan mobil. Maka dari itu, cara merawat bagian bawah kolong mobil di rumah diperlukan.

    Dengan cara ini, Anda bisa tetap menjaga  kolong mobil agar tetap terawat tanpa harus ke bengkel. Jadi, Anda bisa menghemat biaya dan waktu. Simak uraian selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui penjelasan cara tersebut.

    Cara Merawat Bagian Bawah Kolong Mobil di Rumah dengan Tepat

    Ada beragam tahap yang bisa Anda terapkan untuk merawat bagian bawah kolong mobil di rumah dengan tepat dan mudah. Berikut uraiannya.

    • Cuci Mobil secara Rutin

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat bagian ini adalah mencuci mobil secara rutin. Terlebih lagi jika Anda telah menggunakannya untuk perjalanan jauh atau mobil terkena hujan bahkan banjir dan lumpur.

    Saat mencuci mobil, perhatikan bagian bawah kolongnya. Bersihkan bagian bawah tersebut dari kotoran, pasir, lumpur, hingga sampah. Pastikan hingga benar-benar bersih karena hal-hal tersebut dapat menyebabkan pengkaratan jika dibiarkan begitu saja.

    • Gunakan Semprotan Air

    Untuk membantu Anda dalam membersihkan bagian bawah kolong mobil, gunakan semprotan air yang bertekanan tinggi. Anda pun perlu masuk ke bawah kolong tersebut agar bisa menyemprotkan air ini di berbagai titik.

    semprotan pembersih mobilFreepik.com

    Sebelum menggunakan semprotan ini, campur air terlebih dahulu dengan shampo khusus mobil. Selain itu, tutup dulu bagian kelistrikan agar tidak terkena semprotan air yang dapat merusaknya.

    Selain itu, gunakan juga sikat saat membersihkan kolong mobil dengan semprotan air ini. Sikat dapat membantu merontokkan berbagai kotoran di bagian tersebut. Dengan demikian pembersihan kolong mobil pun dapat berjalan maksimal.

    • Perhatikan Berbagai Komponen

    Cara merawat bagian bawah kolong mobil lainnya adalah memperhatikan kebersihan berbagai komponen. Hal ini dapat dilakukan bersamaan saat Anda mencuci bagian bawah tersebut.

    Salah satu komponen yang perlu Anda perhatikan adalah bagian as roda serta lengan ayun. Di bagian ini, berbagai kotoran hingga sampah kerap tersangkut karena posisinya yang melintang.

    Komponen lain yang perlu diperhatikan adalah karet boot pada as roda, steering rack, dan shock absorber. Beragam komponen ini perlu perawatan khusus dengan sikat halus atau spons saat membersihkannya.

    Komponen terakhir yang bisa Anda perhatikan adalah spakbor. Komponen yang berada di dekat ban ini sering kotor karena terciprat noda. Maka dari itu, bersihkan komponen tersebut dengan air bertekanan tinggi hingga kotoran-kotorannya rontok.

    • Pertimbangkan untuk Menggunakan Cairan HF

    Bila kotoran di bagian kolong mobil sulit untuk dibersihkan meskipun sudah memakai sabun atau sampo mobil, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan cairan HF. Cairan ini dapat Anda beli dengan mudah di berbagai toko daring maupun luring.

    Cairan HF memang bersifat keras. Namun, cairan ini terbukti dapat membersihkan kotoran selama digunakan dengan tepat.

    Bagaimanapun juga, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya karena cairan ini dapat merusak kulit tangan. Bila perlu, gunakan sarung tangan plastik atau bahan lain yang dapat melindungi kulit saat menggunakan cairan ini.

    Cara merawat bagian bawah kolong mobil di rumah ini dapat Anda terapkan langsung. Cara ini juga dapat dipelajari jika Anda berniat untuk membeli mobil baru dari Suzuki yang dikenal akan ketangguhannya dan desain yang modern. Ingin tahu info lebih lanjut? Klik di sini