Berita

    Wajib Tahu! Jenis-Jenis Parkir Mobil

    Teknik parkir merupakan salah satu aspek penting dalam penggunaan kendaraan bermotor, terutama mobil. Dengan memahami apa saja jenis cara parkir mobil yang tepat dan aman, Anda bisa menghadapi berbagai kondisi area parkir yang berbeda-beda.

    Pasalnya, tidak semua tempat parkir memiliki area yang luas dan mudah untuk dimasuki. Dengan menguasai teknik parkir yang berbeda, Anda dapat mengatasi kendala-kendala yang mungkin ditemui, seperti ruang parkir yang sempit atau posisi parkir yang sulit.

    Berikut 5 Jenis Cara Parkir Mobil yang Perlu Diketahui

    Mempelajari cara parkir dapat membantu meningkatkan keahlian mengemudi secara keseluruhan. Hal ini karena keterampilan parkir yang baik melibatkan pengendalian mobil, penggunaan perspektif dan perhitungan jarak dengan akurat, serta konsentrasi yang tinggi.

    Karena itu, orang yang dapat memarkirkan mobil mereka dengan baik dan aman umumnya memiliki kemampuan mengemudi yang baik. Sebagai panduan, kenali berbagai jenis cara parkir yang paling umum digunakan berikut ini.

    • Parkir Paralel

    Parkir paralel atau parallel parking adalah salah satu jenis metode parkir yang paling umum digunakan di perkotaan dengan ruang parkir terbatas. Pada metode ini, mobil diparkir sejajar dengan tepi jalan, baik itu di sisi kanan maupun kirinya.

    Untuk parkir dengan cara ini, pertama-tama identifikasi ruang parkir yang cukup. Posisikan mobil sejajar dengan mobil lain di depan ruang parkir, lalu mundur dengan hati-hati hingga kendaraan masuk sepenuhnya dan pastikan jarak mobil tetap aman.

    • Parkir Lurus

    Sesuai namanya, perpendicular parking atau parkir lurus adalah jenis metode di mana mobil diparkir tegak lurus ke arah jalan. Teknik ini biasa ditemukan di area parkir umum seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, atau fasilitas umum lain.

    Caranya, parkirkan mobil Anda sejajar dengan garis parkir, dimana posisi roda depan sejajar dengan garis parkir. Jangan lupa juga memastikan jarak yang cukup dengan di sisi kanan dan kiri agar pintunya tidak menyentuh mobil lain ketika dibuka.

    • Parkir Serong
    Sumber: istockphoto

    Jenis cara parkir mobil selanjutnya adalah angle parking atau parkir serong. Dalam teknik ini, mobil diparkir pada sudut tertentu terhadap arah jalan sehingga mobil lebih mudah dimasukkan.