Berita

    Tips Mengatasi Lampu Kabin Mati dan Rusak

    Lampu di bagian interior mobil berfungsi untuk menerangi kabin mobil di saat-saat tertentu. Sayangnya, lampu mobil ini bisa mengalami kerusakan sehingga tak bisa menyala lagi. Hal ini tentu akan mengganggu penumpang dan pengemudi.

    Oleh sebab itu, dibutuhkan tips yang tepat untuk mengatasi hal tersebut untuk para pemilik mobil yang sedang mengalaminya. Jika Anda salah satunya, intip ulasan selengkapnya di bawah ini!

    Tips Mengatasi Lampu Mobil Interior Rusak

    Lampu kabin pada mobil bisa mati dan rusak karena berbagai penyebab. Berikut tips untuk mengatasi hal tersebut berdasarkan penyebabnya.

    • Mengatasi Bola Lampu Rusak

    Seperti lampu umumnya, bola lampu kabin bisa mengalami kerusakan. Salah satu penyebabnya adalah tuanya umur bola lampu tersebut sehingga tak bisa menyala lagi.

    Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Caranya dengan mengganti bola lampu lama dengan yang baru. Anda bisa membelinya dengan mudah di berbagai toko spare part mobil online maupun offline.

    Untuk melakukan penggantian, kemungkinan Anda akan memerlukan obeng untuk membuka tempat bola lampu kabin. Namun jika mengalami kesulitan saat membukanya, maka Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat.

    • Mengatasi Kerusakan Kabel

    Lampu mobil juga bisa mati jika ada kabel yang mengalami kerusakan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti adanya pengkaratan atau putus karena tabrakan maupun digigit oleh hewan-hewan tertentu.

    Jika hal tersebut terjadi, maka Anda perlu mengganti kabel agar lampu bisa berfungsi dengan normal. Setelah itu, Anda bisa menjaga mobil di tempat yang aman agar hal-hal tersebut tak terjadi lagi.

    Namun perhatikan bahwa ada beberapa masalah lain yang bisa membuat kabel rusak. Salah satunya adalah korsleting. Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu mengecek sistem kelistrikan atau sumber masalah lainnya untuk mengatasinya.

    • Mengatasi Lemahnya Aki

    Aki adalah sumber utama dalam sistem kelistrikan mobil. Sayangnya, aki bisa mengalami berbagai masalah sehingga tidak bisa menghasilkan listrik dengan semestinya. Contoh masalahnya ialah lemahnya daya pada aki itu sendiri.

     

    lemahnya aki

    Freepik.com

    Jika hal ini terjadi, maka ini lampu mobil akan sulit menyala. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengisi ulang daya aki. Cara pengecasan ini bisa berbeda antara aki kering dan aki basah.

    Namun perlu diperhatikan bahwa masalah ini bisa diakibatkan oleh rusaknya aki karena usia atau penggunaan merek yang tak berkualitas. Apabila hal tersebut terjadi, maka Anda harus mengganti aki tersebut.

    • Mengatasi Kerusakan Saklar

    Saklar lampu kabin bisa mengalami kerusakan. Umumnya hal ini disebabkan oleh plat saklar yang tidak elastis atau bengkok. Jika hal ini terjadi, maka lampu akan tetap menyala meskipun sudah dimatikan.

    Jika lampu terus-menerus menyala, maka sekring akan putus dan membuat lampu tak bisa menyala lagi. Oleh sebab itu, Anda perlu segera memperbaiki atau mengganti plat saklar sebelum hal tersebut terjadi.

    • Mengatasi Modul Error

    Mobil masa kini memiliki modul elektronik yang tersambung pada berbagai peralatan. Jika mengalami error, maka dapat menyebabkan lampu mati.

    Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan membawa mobil ke bengkel yang bisa mengatasi permasalahan modul elektronik. Hal ini disebabkan tak semua bengkel mempunyai peralatan dan mekanik mumpuni untuk mengatasinya.