Berita

    Tetap Perawatan Mobil! Cara Menjaga Jok Mobil

    Jok perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin. Malas membersihkan jok bisa menyebabkan permukaan jok menjadi kusam sampai retak. 

    Perawatan Jok Mobil yang Tepat

    Sebenarnya merawat jok mobil tidaklah sesulit yang Anda bayangkan asal Anda mau mempelajari caranya. Berikut cara menjaga jok mobil Anda agar selalu bersih dan awet. 

    • Hindari Parkir di Tempat Terbuka

    Sinar matahari tidak hanya dapat merusak permukaan cat body mobil, namun juga dapat merusak permukaan jok mobil. Paparan sinar matahari secara langsung bisa mengakibatkan warna jok memudar, kusam sampai retak.

    Oleh karena itu, sebisa mungkin selalu parkirkan mobil Anda di tempat yang teduh. Apabila terpaksa parkir di tempat terbuka, Anda bisa menggunakan sarung mobil atau car cover

    • Jangan Merokok di dalam Mobil

    Kebiasaan merokok di dalam mobil tidak hanya dapat menimbulkan bau tidak sedap, namun juga dapat menimbulkan noda pada permukaan jok dan berisiko melubangi jok jika putung rokok tidak sengaja jatuh di atasnya.

    Untuk menjaga agar kabin dan jok tetap bersih, maka hindari merokok ketika masih berada di dalam mobil. Ini adalah tips perawatan jok mobil yang sebaiknya tidak diremehkan.

    • Rutin Bersihkan Jok

    Beberapa pemilik mobil hanya membersihkan jok ketika mencuci mobil saja. Padahal semakin sering digunakan maka jok harus semakin sering dibersihkan. Hal tersebut dikarenakan kotoran dan debu akan menumpuk jika tidak rutin dibersihkan. 

    Paling tidak, bersihkan jok mobil Anda setiap 2 kali dalam seminggu. Apabila jok terkena tumpahan minuman atau noda lainnya maka segera bersihkan. Semakin lama dibiarkan maka semakin sulit noda untuk dihilangkan. 

    • Memakai Pelindung Jok

    Agar noda atau kotoran tidak mengenai permukaan jok secara langsung, maka Anda bisa melindungi jok mobil Anda dengan menggunakan sarung jok. 

    Selain itu, sebaiknya hindari duduk dengan membawa benda tajam di dalam saku seperti pisau, gunting, jarum dan lainnya yang berpotensi merusak jok mobil Anda.

    Tips Membersihkan dan Perawatan Jok Mobil

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkan jok. Membersihkan jok secara asal-asalan justru dapat merusak permukaan jok. Berikut tips membersihkan jok yang benar.

     

    menjaga jok mobilunplash.com

    • Kenali Jenis-Jenis Bahan Pelapis Jok

    Seperti yang Anda ketahui, bahan pelapis jok ada bermacam-macam mulai dari bahan kulit, sintetis, kain sampai beludru. Berbeda bahan tentu berbeda pula perawatannya. 

    • Siapkan Alat dan Bahan Pembersih 

    Beberapa peralatan dan bahan yang perlu disiapkan diantaranya kain microfiber, sikat gigi, dan vacum cleaner.

    Pemilihan cairan pembersih khusus untuk bahan kulit sebaiknya hindari cairan pembersih atau kondisioner yang mengandung wax, petroleum, dan zat lain yang bisa melunturkan warna.

    Sedangkan pada jok berbahan sintetis, hindari membersihkan jok dengan sabun cuci detergen atau cairan pembersih yang mengandung alkohol. Sedangkan pada pelapis jok berbahan tenun dan beludru sebaiknya dibersihkan dengan dilepas terlebih dahulu.

    • Bersihkan dengan Lembut

    Bersihkan seluruh permukaan jok dan kabin memakai mesin penyedot debu. Kemudian Anda bisa membersihkannya dengan cairan khusus.

    Jangan menyemprotkan air maupun cairan pembersih langsung pada permukaan jok, namun semprotkan cairan pada kain microfiber lalu usap sampai kering. Apabila terdapat noda membandel, Anda bisa membersihkannya dengan sikat gigi lembut.