Berita

    Mengenal Idle Speed Control Pada Mobil

    Perkembangan zaman membuat berbagai perubahan signifikan di segala jenis bidang, tak terkecuali pada bidang otomotif, khususnya mobil. Merek-merek terkemuka industri otomotif saling beradu hebat untuk mengetes kemampuan teknologi di bidang ini.

    Salah satu fitur teknologi terbaru dan tercanggih yang sudah lazim pada mobil-mobil zaman ini adalah teknologi Idle Speed Control. Idle Speed Control atau biasa disingkat ISC adalah salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai pengukur elektronik untuk menentukan RPM idle atau langsam. 

    Secara umum Idle Speed Control atau ISC adalah perangkat elektronik pada mesin yang mempunyai tugas mengukur berapa kadar udara yang lewat pada idle port saat dalam posisi katup gas tertutup. Sistem ini digunakan pada mobil-mobil zaman ini untuk mengganti sistem pendahulunya yaitu  sekrup idle speed zaman dulu yang harus diatur secara manual. Dengan adanya komponen ini Anda tidak perlu mengatur lagi putaran idle pada mesin.

    ISC sendiri memiliki katup atau valve yang berfungsi sebagai pembuka dan penutup saluran idle agar jumlah udara yang masuk ke intake dapat dikendalikan. Cara kerja ISC bisa dibilang cukup sulit dimengerti, ISC diatur oleh ECU mesin melalui serangkaian perhitungan sistematis dari berbagai sensor yang berhubungan. Oleh karena itu, pembukaan katup ISC adalah sebuah hal yang bisa diprediksi karena kerjanya berdasarkan hasil perhitungan ECU

    Komponen ini sangat signifikan sehingga fungsinya juga dirasa sangat diperlukan untuk mengukur kinerja mobil Anda. Jadi apa sih sebenarnya fungsi komponen ini? Mari simak ulasan lengkap mengenai Idle Speed Control berikut ini!

    Fungsi Idle Speed Control

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi ISC adalah mengatur banyaknya jumlah udara yang lewat agar dapat dikendalikan, namun cara kerja ISC tidak semudah seperti pengertiannya. Masih banyak fungsi ISC yang perlu Anda ketahui.

            1. Kuantitas Udara

    ISC berfungsi mengatur banyak sedikitnya udara yang masuk ke intake manifold ketika gas tidak ditekan dan saat katup throttle menutup.

            2. Kecepatan Mesin

    ISC berfungsi untuk mengatur kecepatan mesin saat dalam kondisi AC menyala atau mati

            3. Kecepatan RPM

    ISC berfungsi menyesuaikan kecepatan langsam mesin RPM secara otomatis

            4. Idle up mesin

    ISC mengatur idle up mesin yang berhubungan langsung dengan kestabilan kendaraan. Apabila pengaturan idle up salah, maka mesin akan bergetar akibat bebannya makin bertambah.