Berita

    Ketahui, Cara Memasang Relay Lampu pada Mobil

    Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi lampu mobil yang mulai meredup yaitu dengan memasang relay lampu mobil. Relay adalah saklar yang memiliki fungsi untuk mengontrol aliran listrik pada rangkaian arus tinggi pada komponen tertentu termasuk pada lampu mobil sehingga lebih terang. 

    Untuk informasi lebih lengkap tentang fungsinya, silahkan lihat penjelasannya di bawah ini: 

    Fungsi Relay Lampu Mobil

    Tak hanya bisa mengalirkan arus listrik tinggi pada lampu, relay ini juga bisa mengeraskan bunyi klakson mobil. Selain agar lampu menjadi lebih terang, relay juga bisa membantu agar kabel tidak cepat kepanasan atau meleleh meski lampu memiliki watt besar. 

    Jenis mobil yang biasanya memerlukan relay ini yaitu mobil off road yang memang memerlukan penerangan lebih terutama ketika dipakai di malam hari.

    Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut cara memasang relay lampu pada mobil:

    Cara Memasang Relay Lampu Mobil

    Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memasang relay mobil yaitu relay lampu set dan membuat sendiri.

            1. Relay Lampu Set

    Yang pertama, Anda bisa memilih relay lampu set yang sudah lengkap komponennya mulai dari sekring beserta soketnya sehingga pemasangannya juga lebih mudah. Pada relay set, arus listrik dari aki atau baterai akan langsung mengalir melalui relay menuju lampu mobil sehingga nyala lampu mobil menjadi jauh lebih terang.

    Jika Anda sudah membeli set relay lampu, maka cara pasangnya mudah sekali yaitu cukup dengan memasangkan soket negatif relay pada soket positif aki. Ada beberapa jenis relay yang bisa Anda pilih mulai dari relay 2 sampai relay 4 yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

    Namun relay lampu mobil set ini memiliki harga yang lebih mahal daripada relay terpisah yaitu di atas Rp100 ribu.

            2. Relay Lampu Terpisah

    Jika Anda ingin lebih menghemat budget, Anda bisa membuat relay sendiri mulai dari merangkai kabel, sikring sampai pemasangan relay ke soket lampu mobil. Biaya pembuatan relay ini biasanya tidak menyentuh Rp100 ribu. 

    Namun karena merangkai dan memasang sendiri, maka Anda harus tahu cara memasangnya dengan benar. Kesalahan perangkaian dan pemasangan bisa menyebabkan relay tidak bekerja dengan baik.

    Pertama, siapkan relay dan soket terlebih dahulu. Kemudian, perhatikan keterangan pada relay. Soket relay biasanya memiliki 4 kaki yang masing masing memiliki angka yang berbeda. Untuk kaki bawah dengan nomor 86 nantinya perlu dipasangkan dengan saklar yang disambung dengan lampu senja.